We Are E Biology Class

We Are E Biology Class

Member of Blog

Ahmad Sabiq Al-uyun
Ma'thuf
Dede Suwanto Wijaya
Teti Maryana
Risa Safriyaningsih
Umrotul Hasanah
Resti Pebrina
Pathonatunnasihah
Risya Kherazmi
Deska Puri
Suci Zahrotunnisa
Dina Mardiana
Lintang Ratri Prabowo
Lina Herlina
Ertini
Fitri Pratiwi
Rahayu Fitriyani
Nurlaela
Julia Mawarni
Umiyatun Solihah
Melinda
Ikah Muflikah
Melly Fitiyana
Leli Maulidah
Septiani Surya Dewi
Hening Tyas
Roihatul Jannah
Dayna Ikhwatika
Taman Firdaus
Tatu Latifah

KANKER


Secara umum sel kanker didefinisikan sebagai sel yang tidak normal, yang tumbuh serta berkembang biak secara cepat dan tidak terkendali. Sel kanker tidak perduli dengan keterbatasan zat makanan, ruang dan fakta kalau mereka harus berbagi dengan sel-sel normal yang ada disekitarnya. Lebih jauh dari itu, mereka mengabaikan perintah untuk berhenti berbiak oleh tubuh yang bersangkutan.
Penyakit kanker merupakan penyakit penyebab kematian nomor 2 di amerika serikat,di indonesia terdapat kecenderungan peningkatan jumlah penderita kanker dari tahun ke tahun.penyelidikan selama 20tahun terakhir menyimpulkan bahwa 60-90%penyakit kanker berhubungan dengan lingkungan, sehingga secara teoritis penyakit kanker dapat dicegah. Lingkungan di sini berarti semua yang berinteraksi dengan manusia yaitu bahan-bahan yang dimakan,diminum, diisap dan dihirup, juga radiasi,obat-obatan serta aspek-aspek kelakuan seksual.

TEORI KARSINOGENESIS
           Pada umumnya, kanker timbul karena paparan terhadap suatu karsinogen secara berkali-kali dan aditif pada dosis tertentu, tetapi pada keadaan tertentu dapat juga timbul dari dosis tunggal karsinogen. Penyebab kanker dapat satu karsinogen yang sama misalnya asap rokok (kanker paru), dapat dua karsinogen yang berlainan misalnya asap rokok dan debu asbes (kanker paru), asap rokok dan radiasi sinar X (kanker paru), asap rokok dan alkohol (kanker orofarings, larings dan esofagus), gen kanker dan karsinogen lingkungan. Dari penyelidikan epidemiologis didapatkan bahwa asap rokok sebagai karsinogen dan debu asbes sebagai kokarsinogen menimbulkan kanker paru lebih cepat pada pekerja perokok yang menghirup debu asbes dibandingkan mereka yang mengisap asap rokok saja, karena kokarsinogen membantu karsinogen menimbulkan kanker lebih efektif.
            Dari penyelidikan epidemiologis juga didapatkan bahwa bahan yang menghambat mekanisme pertahanan tubuh membantu timbulnya kanker. Untuk beberapa macam kanker terdapat satu faktor yang dominan misalnya sinar ultraviolet yang menimbulkan kanker kulit dan kelainan kromosom yang menimbulkan retinoblastoma. Karsinogenesis yang diinduksi karsinogen kimia atau fisik maupun biologik memerlukan waktu yang disebut periode laten yaitu waktu dari pertama kali terpapar suatu karsinogen sampai terlihat kanker secara klinis. Periode laten dari kebanyakan  kanker seringkali 20 tahun atau lebih. Efek karsinogen yang lemah dapat tidak terlihat, sebab periode latennya melampaui masa hidup seseorang.  Karsinogenesis dapat dibagi dalam tiga fase utama yaitu fase inisiasi, romosi dan progresi.
·         Fase inisiasi
Fase ini berlangsung cepat. Karsinogen kimia misalnya golongan alkylating dapat langsung menyerang tempat dalam molekul yang banyak elektronnya, disebut karsinogen nukleofilik
·         Fase promosi
Sel terinisiasi dapat tetap tenang bila tidakdihidupkan oleh zat yang disebut promotor.Promosi adalah proses yang menyebabkan sel terinisiasiberkembang menjadi sel preneoplasma oleh stimulus zat lain (promotor).
·         Fase progresi
Fase ini berlangsung berbulan-bulan.Pada awal fase ini, sel preneoplasma dalamstadium metaplasia berkembang progresif menjadi stadium displasia sebelum menjadi neoplasma. Terjadi ekspansi populasi selselini secara spontan dan ireversibel. Sel-selmenjadi kurang responsif terhadap sistem
imunitas tubuh dan regulasi sel.
Gambarselkanker

Sumber:http://www.kulitmanggis.net/httpwww-kulitmanggis-netobat-tradisional-kanker/


FaktorPencetusTerjadinyaKanker
Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker dapat merupakan gabungan dari sel kumpulan faktor, genetik dan lingkungan .Namun ada beberapa faktor yang didugameningkatkanresikoterjadinyakanker, sebagaiberikut :
·         Faktorketurunan
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Sebagai contoh, risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 s/d 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.
·      FaktorLingkungan
-   Merokok sigaret meningkatkan resiko terjadinya kanker paru - paru, mulut, laring (pita
 suara),dan kandung kemih.
-   Sinar Ultraviolet darimatahari
-   Radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik)
 digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom yang bisa menjangkau jarak yang sangat jauh. Contoh, orang yang selamat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II, berisiko tinggi menderita kanker sel darah, seperti Leukemia.
Gambarfaktorpengaruhlingkungan
Sumber:http://www.merdeka.com/sehat/10-faktor-luar-penyebab-kanker-payudara.html
·         Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia.
Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah
-          Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung.
-          Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.
-          Zat pewarna makanan
-          Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang, ikan, dsb.
-          Berbagai makanan (manis, tepung) yang diproses secara berlebihan.
Gambar factor makanan yang mengandung bahan kimia

·                  Virus
Virus yang dapat dan dicurigai menyebabkan kanker antaralain :
-        Virus Papilloma menyebabkan kutil alatk elamin (genitalis) agaknya merupakan salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita.
-      Virus Sitomegalo menyebabkan Sarkoma Kaposi (kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah)
-            Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati.
-  Virus Epstein-Bar (di Afrika) menyebabkan Limfoma Burkitt, sedangkan di China virus ini menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan. Ini terjadi karena faktor lingkungan dan genetik.
-            Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya.
Gambar Virus Papilloma
·         Infeksi

-          Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih. Namun penyebab iritasi menahun lainnya tidak menyebab kankanker.
-          Infeksi oleh Clonorchis yang menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu.
-          Helicobacter Pylori adalah suatu bakteri yang mungkin merupakan penyebab kanker lambung, dan diduga bakteri ini menyebabkan cedera dan peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel.




GambarparasitSchistosoma
http://geekheartsscience.files.wordpress.com/2011/02/schistosome.jpg
Sumber: http://geekheartsscience.wordpress.com/2011/02/01/diagnosing-schistosomiasis-urine-based-tests-better-than-traditional-assays/
·           Faktorperilaku
-       Perilaku yang dimaksud adalah merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan juga peminum minuman beralkohol.
-       Perilaku seksual yaitu melakukan hubungan intim diusia dini dan sering berganti-ganti pasangan. 
·         Gangguankeseimbangan hormonal
Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. 
- Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria.
Gambar hormon estrogen
http://1.bp.blogspot.com/_bvyOKnxfTr8/TQ3AhUb7gNI/AAAAAAAAAO4/eoleGH3Be_E/s1600/12.+Hormon+Estrogen+Bikin+Pintar.gif
sumber:http://menguatkan-ingatan.blogspot.com/2010/12/hormon-estrogen-bikin-pintar.html
·         Faktor kejiwaan, emosional
Stres yang berat dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang yang terus menerus dapat mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiper aktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker.
·         Radikal bebas
Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber - sumber radikal bebas yaitu :
1.         Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme.
2.      Radikal bebas masuk kedalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan ,minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari.
3.         Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stres berlebihan,
baik stress secara fisik, psikologis, maupunbiologis.
Gambar factor radiasi

Sumber:http://bisnisgoldenlife.blogspot.com/2011/05/faktor-penyebab-kanker-serviks.html

MACAM - MACAM KANKER PADA MANUSIA
·         Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang paling umum ditemui di seluruh dunia
·         Kanker paru-paru banyak ditemui pada orang yang usianya mencapai 40 tahun
·         Tingkat kesembuhannya kecil dan biasanya baru ditemukan setelah menyebar ke seluruh tubuh
·         Penyebab utamanya adalah kebiasaan merokok
·     Tanda-tandanya: batuk yang tak kunjung hilang, sakit pada dada saat mengambil nafas, keluar lendir dari batuk yang bercampur darah, berat badan turun, dan tak memiliki selera makan
·         Tes yang dilakukan untuk mendeteksi kanker paru-paru: x-ray di dada, biopsy, CT scan
Kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan  paru. Patogenesis kanker paru belum benar-benar dipahami. Sepertinya sel mukosal bronkial mengalami perubahan metaplastik sebagai respon terhadap paparan kronis dari partikel yang terhirup dan melukai paru. Sebagai respon dari luka selular, proses reaksi dan radang akan berevolusi. Sel basal mukosal akan mengalami proliferasi dan terdiferensiasi menjadi sel goblet yang mensekresi mukus. Sepertinya aktivitas metaplastik terjadi akibat pergantian lapisan epitelium kolumnar dengan epitelium skuamus, yang disertai dengan atipia selular dan peningkatan aktivitas mitotik yang berkembang menjadi displasia mukosal. Rentang waktu proses ini belum dapat dipastikan, hanya diperkirakan kurang lebih antara 10 hingga 20 tahun.


 








Sumber :
·         Kanker payudara merupakan jenis kanker yang umum ditemui pada wanita, meskipun kanker paru-paru lebih banyak memakan korban wanita
·         Kanker payudara jarang ditemui wanita di bawah usia 30
·         Tingkat kesembuhannya cukup tinggi jika dapat dideteksi sedini mungkin
·         Tanda-tandanya: adanya benjolan di payudara, perubahan bentuk payudara, sebelah puting susu masuk ke dalam, keluarnya cairan atau darah dari puting susu
·         Tes yang dilakukan untuk mendeteksi kanker payudara: mamografi dan biopsy

Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.
Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali.
Selain itu, kanker payudara (Carcinoma mammae) didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma.

Gambar kanker payudara
 







Sumber gambar:
·           Jarang ditemui pada orang yang berusia di bawah 40 tahun dan 90 persen kasus kanker usus besar ditemui pada orang yang berusia di atas 50 tahun
·           Tingkat kematian menurun karena tak lagi sulit dideteksi dan penanganannya yang sudah makin baik
·           Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan besar karena diet
·           Tanda-tandanya: perubahan pada kebiasaan perut, perasaan bahwa isi perut tidak sepenuhnya kosong, keluar darah atau nanah pada dubur, berat badan menurun dan hilangnya selera makan, serta sakit pada usus
·           Tes yang dilakukan dengan sigmoidoscopy, yaitu memasukkan selang melalui dubur untuk melihat isi perut pasien
Kanker usus besar atau sering disebut kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada jaringan kolon/usus besar atau rektum. Untuk dapat lebih memahami mengenai kanker usus besar kita harus tahu gejala dan penyebab terjadinya kanker usus besar.
Kanker usus besar adalah salah satu dari bentuk kanker yang paling umum dan penyebab kedua kematian yang disebabkan oleh kanker di dunia Barat. Kanker usus besar menyebabkan 655.000 kematian di seluruh dunia setiap tahun. Banyak kanker usus besar yang diketahui berasal dari polip adenoma pada usus dan penumpukan tinja akibat konstipasi yang terlalu lama. Perkembangan polip tersebut kadang-kadang berkembang menjadi kanker. Terapi untuk kanker usus besar biasanya melalui operasi, yang biasanya diikuti dengan kemoterapi.
Gambar kanker usus besar







·         Leukemia merupakan kanker sel darah putih
·         Anak dan dewasa dapat terkena kanker ini, namun banyak ditemui pada anak-anak. Anak yang lahir dengan sistem kekebalan tubuh yang tidak normal dapat terkena leukemia. Begitupun jika sering terkena radiasi
·         Tingkat kesembuhannya cukup tinggi, yaitu 80 persen. Namun tidak demikian untuk anak balita
·         Tanda-tandanya: seperti anemia dimana pasien merasa lelah dan lemah
·         Tes yang dilakukan untuk mendeteksi adalah tes tulang sumsum, scan. Pengobatan dengan kemoterapi

Leukimia adalah neoplasma atau massa jaringan abnormal akibat neoplasi, yaitu proses pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh yang bersifat abnormal, yang tumbuh aktif dengan system otonom ( tidak terkendali) ganas sel darah putih (leukosit) yang ditandai dengan bertambah banyaknya sel darah putih abnormal dalam darah.
Terjadinya produksi sel-sel darah putih yg imatur (masih muda) dengan cepat, jumlahnya berlebihan dan tidak dapat berfungsi. Sel-sel itu berinfiltrasi secara progresif ke dalam jaringan tubh, terutama sumsum tulang. Hal tersebut mengakibatkan sumsum tulang rusak dan kehilangan fungsinya untuk membuat sel darah merah normal, sel darah putih normal dan sel keping-keping darah normal. Sebagai akibat dari kegagalan membuat sel darah merah menyebabkan anemia. Kurangnya sel darah putih yang normal mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Sedangkan bila sel keping-keping darah gagal diproduksi akan mengakibatkan pendarahan.
Gambar kanker leukimia


 






Kanker kulit
·         Menyebar pertama kali melalui kelenjar getah bening, kemudian menyebar melalui aliran darah ke hampir semua bagian tubuh – paru-paru, hati, otak, dan lain-lain
·         Kanker kulit adalah jenis kanker yang makin sering ditemui
·         Tingkat kesembuhan tergantung dari kecepatan pendeteksian kanker tersebut
·         Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun diduga terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama dapat menyebabkan rusaknya sistem daya tahan kulit
·         Orang yang beresiko terkena kanker kulit adalah yang berkulit putih, banyak bintik hitam pada wajah, banyak tahi lalat dalam berbagai ukuran dan bentuk, berambut pirang atau merah, dan kulit yang mudah terbakar
·         Orang yang memiliki kerabat dekat dengan penyakit ini, kemungkinan besar memiliki bakat kanker kulit pada dirinya
Sebagian besar kanker kulit disebabkan oleh sinar UV, walaupun kebanyakan penyakit kanker kulit lebih sering menyerang ras kulit putih. Tapi tidak menutup kemungkinan orang yang berkulit gelap juga bisa terkena kanker kulit.
Tiga jenis kanker kulit yang ssering terjadi:
1)      Basal Cell Carcinoma (BCC)
BCC adalah jenis kanker kulit yang sering terjadi, sel basal dibawah lapisan kulit terluar.
2)      Squamous Cell Carsinoma (SCC)
Kanker kulit yang juga paling umum terjadi adalah SCC, yang biasa ditemukan disel squamus, SCC mirip dengan BCC, karena sering muncul diarea yang terpapar langsung pada sinar UV seperti kulit wajah, kulit kepala, leherr, tangan, lengan dan kaki.
3)      Melanoma
Melanoma termasuk jenis kanker kulit yang agak jarang, namun ini adalah yang paling berbahaya. Melanoma muncul dibagian bawah epidermis.
Kanker kulit umumnya disebabkan mutasi akibat paparan sinar UV secara langsung dari matahari atau bisa dari tanning bed yang sering digunakan. Tapi bisa juga dipengaruhi oleh faktor genetis dan lingkungan.
Gambar kanker kulit:


 









·         Kanker prostat berawal dari sel testis pada pria
·         Menyebar pertama kali melalui kelenjar getah bening dan menyebar luas melalui darah ke paru-paru, tulang, dan lain-lain
·         Paling sering dialami oleh pria berusia antara 20-34 tahun
·         Penyebabnya belum diketahui dan masih diteliti
·         Jika terdeteksi sejak dini, 90 persen dapat disembuhkan
·         Tanda-tandanya adalah benjolan yang tak terasa sakit pada salah satu testis, atau perubahan bentuk dan ukuran testis




 






Sumber gambar:
Itulah macam-macam kanker yang biasa ditemui di sekitar kita. Ada baiknya diketahui penyebabnya, dan mencari tahu bagaimana penanganannya yang tepat sehingga penyakit ini dapat disembuhkan total.





A.    PILIHAN GANDA
1.      Sel terinisiasi dapat tetap tenang bila tidakdihidupkan oleh zat yang disebut ...
a.       Promosi
b.      Promotor
c.       Progresi
d.      Inisiasi
e.       kolagen
2.      Kanker yang di sebabkan oleh radiasi sinar X adalah...
a.     kanker serviks
b.    kanker orofarings
c.     kanker paru
d.    kanker larings
e.     kanker esofagus
3.      Di bawah ini adalah faktor-faktor yang meyebabkan penyakit kanker,kecuali...
a.     Makanan
b.    asap rokok
c.     debu asbes
d.    sinar X
e.     alkohol
4.      Karsinogen kimia misalnya golongan alkylating dapat langsung menyerang tempat dalam molekul yang banyak elektronnya, disebut...
a.     karsinogen nukleofilik
b.    fase progresi
c.     fase promotor
d.    fase inisiasi
e.     fase promosi





5.      Kanker kulit  dan kelainan kromosom  yang menimbulkan retinoblastoma disebabkan oleh...
a.     Alkohol
b.    obat-obatan
c.     debu asbes
d.    asap rokok
e.     sinar ultraviolet

6.       Ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker yaitu. . .
a.       Faktor keturunan
b.     Faktor Lingkungan
c.        Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia
d.       Factor prilaku
e.       Semua jawaban benar
7.        Kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar adalah contoh factor. . .
a.       Factor keturunan
b.      Factor lingkungan
c.       Factor makanan
d.      Factor minuman
e.       Factor prilaku
8.       Sarkoma Kaposi atau kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah disebabkan oleh. . .
a.       Virus Retro
b.      Virus Epstein-bar
c.       Virus hepatitis B
d.      Virus sitomegalo
e.       Virus papilloma
9.       Suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya disebut. . .
a.       Radikal bebas
b.      Infeksi
c.       Virus
d.      Bakteri
e.       Gangguan keseimbangan hormonal
10.   Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya. . .
a.       Kanker  usus
b.      Kanker lambung
c.       Kanker  hati
d.      Kanker  kulit
e.       Kanker indung telur
                         



















B.     ESAI
1.         Apapengertiankanker,jelaskan ?
2.         Apakah yang di maksuddenganfasepromosi ?
3.         Sebutkantigamacamfasekarsiogenesis ?
4.         Sebutkanfaktor-faktor  yangmenyebabkantimbulnyapenyakitkanker ?
5.         Apakah yang di maksud dengan karsinogennukleofilik ?
6.         Sebutkan macam-macam kanker pada manusia minimal 5 ?
7.         Apa yang dimaksud dengan kanker leukemia?
8.         Apakah tanda-tanda orang yang terkena kanker payudara?
9.         Apakah penyebab kanker paru-paru ?
10.     Bagaimana cara mendeteksi kanker usus besar?











KUNCI JAWABAN
A.    PILIHAN GANDA
1)             B
2)             C
3)             A
4)             A
5)             E
6)             E
7)             A
8)             D
9)             A
10)         B


B.     ESSAY
1)      Sel yang tidak normal yang tumbuhsertaberkembangbiaksecaracepatdantidakterkendali.
2)       Proses yang menyebabkanselterinisiasiberkembangmenjadiselpreneoplasmaoleh stimulus zat lain.
3)      Faseinisiasi, fase  progresi, fasepromosi
4)      asaprokok, debuasbes, alcohol, sinar ultraviolet
5)      Karsinogenkimia yang dapatmenyeranglangsungtempatdalammolekul yang banyakelektronnya.
6)      kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker paru-paru, leukemia.
7)      Leukimia adalah neoplasma atau massa jaringan abnormal akibat neoplasi, yaitu proses pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh yang bersifat abnormal, yang tumbuh aktif dengan system otonom ( tidak terkendali) ganas sel darah putih (leukosit) yang ditandai dengan bertambah banyaknya sel darah putih abnormal dalam darah
8)      adanya benjolan di payudara, perubahan bentuk payudara, sebelah puting susu masuk ke dalam, keluarnya cairan atau darah dari puting susu
9)      merokok yang berlebihan, polusi udara.
10)  Tes yang dilakukan dengan sigmoidoscopy, yaitu memasukkan selang melalui dubur untuk melihat isi perut pasien

DAFTAR PUSTAKA
·         Hammond EC. 1975. p. 45-6.The epidemiological approachto the etiology of cancer. In: Kruse LC, ReeseJL, Hart LK, editors. Cancer pathophysiology,etiology and management. 4th ed. St Louis: TheC.V. Mosby Co.;
·         Kartawigunaelna, 2001, Faktor  yang berperan  padakarsinogenesis,  KedokterTrisakti Vol.20,
·         http://agenherbal.tarsiadi.com/2012/02/obat-herbal-kanker-paru-paru/ 30-05-2012 pukul 14:33.wib
Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

random posting